FREE DELIVERY TO JAKARTA FOR ORDERS OVER IDR 250K

Apa Hubungan Pencernaan Dengan Psikologi Kita?

December 29, 2017

Apa Hubungan Pencernaan Dengan Psikologi Kita?

Ketika melahirkan, kondisi gut flora sang ibu akan menjadi kondisi awal dari gut flora sang bayi.

 

Apa kamu pernah mendengar ungkapan“you are what you eat”? Ternyata, itu bukan sekadar ungkapan belaka lho. Ungakapan itu bisa dikaitkan dengan kesehatan pencernaan kamu dan keluarga!

Menyinggung masalah pencernaan, kondisi flora yang ada di usus kamu (gut flora) jadi penentu kondisi kesehatan organ vital secara keseluruhan. Sejak bayi, kamu telah mendapat kondisi awal gut flora, tepat saat dilahirkan. Kesehatan flora yang juga terdapat di dinding rahim dan vagina seorang ibu berasal dari gut flora di dalam usus. Ketika melahirkan, kondisi gut flora sang ibu akan menjadi kondisi awal dari gut flora sang bayi. Ini dia yang menjadi awal kesehatan keseluruhan kita semua!

Sering merasa moody atau gampang cranky? Dari penelitian Dr. Natasha Campbell-McBride, seorang ahli saraf yang saat ini telah secara khusus mempelajari tentang gut and psychological syndrome (GAPS), gut flora yang sehat akan menentukan tidak hanya kondisi kesehatan kamu, tapi juga keadaaan emosional kamu lho. Bakteri baik dan buruk yang tinggal di usus kamu itu, perlu diperhatikan keseimbangannya. Bakteri ini memiliki perbandingan 10:1 di tubuh kita semua. That’s why, kamu wajib memastikan bahwa bakteri yang baik tetap menjadi “tuan rumah” dan memastikan keseimbangan dengan tetap menjaga bakteri buruk dalam jumlah yang masih dapat diatur oleh bakteri baik.

 

Dalam kasus penderita Autisme, gut flora menjadi studi kasus yang kerap dipelajari lebih lanjut antara hubungannya dengan kondisi emosional dari pasien ... ketidakseimbangan bakteri baik dan buruk di dalam usus dapat menghambat kinerja otak dalam mencerna informasi.

 

Sejak kecil, pertahanan kita itu dimulai dari asupan air susu ibu (ASI). Ngga cuma meningkatkan imunitas kamu, ASI, asupan sehat serta imunisasi yang lengkap juga penting lho untuk menjaga gut flora tersebut.

Dalam kasus penderita autisme, gut flora menjadi studi kasus yang kerap dipelajari lebih lanjut antara hubungannya dengan kondisi emosional dari pasien. Nyatanya, ketidakseimbangan bakteri baik dan buruk di dalam usus dapat menghambat kinerja otak dalam mencerna informasi. “Informasi sensorik menjadi hancur; menjadi gangguan pada otak anak kecil, dan menyebabkan anak tersebut tidak dapat belajar. Mereka tidak dapat memahami apapun yang berguna.” ujar Dr. Natasha.

 

Gimana Caranya Mengurangi Limbah Pencernaan?

Babe, sudah waktunya kita beralih ke semua hal yang lebih sehat! Ngga cuma makanan yang kurang sehat, racun atau zat berbahaya lainnya juga bisa terserap dalam tubuh melalui kulit dan memicu penyumbatan pada organ vital kamu! Alhasil, kamu akan merasa lebih gampang capek dan lemot mikirnya. Plus, kestabilan kondisi emosional yang diatur salah satunya oleh saraf di otak kamu pun akan terganggu.

Beberapa penyebab yang mengancam kesehatan pencernaan kamu salah satunya adalah makanan instan dan tinggi gula, mengandung bahan pengawet, pestisida, pengemulsi, sampai faktor lainnya seperti pewangi buatan, stress yang berlebihan, pengobatan yang berkepanjangan-seperti terlalu banyak mengonsumsi antibiotik, dan obat pengontrol kehamilan-limbah racun dari lingkungan dan produk rumah tangga, kurang terpapar dengan alam bebas, terlalu banyak memakai sabun antibakteri, kelahiran dengan cara caesar, dan tidak mendapatkan ASI. Pusing kan?

Tenang aja, simak tiga cara simpel yang bisa kamu lakukan dengan segera di bawah ini!

 

...makin tinggi jumlah probiotik malah makin bagus!

 

  1. Mengonsumsi lebih banyak probiotik yang berkualitas.

Makanan dan minuman yang mengandung probiotik dapat mengimbangkan jumlah bakteria bagus dan jelek dan melancarkan sistem pencernaan kamu, apalagi kalau kamu sedang mengonsumsi antibiotik. Makanan yang disarankan adalah makanan yang melalui proses fermentasi, seperti yogurt yang tidak mengandung susu, kimchi, sup miso, acar, tempe, dan teh kombucha. 

Cara paling praktis and sangat efektif yang dianjurkan oleh The International Probiotic Institute adalah dengan mengkonsumsi Progurt Probiotic Sachet yang mengandung 1 Trilliun Human Probiotic Isolate. Minum 1 sachet Progurt bisa disamakan dengan minum 40 probiotik merek lain yang biasa ditemukan di pasaran.

Kebanyakan ngga sih 1 Trillion itu? Apakah aman buat tubuh kita? Mengingat di badan manusia terdapat lebih dari 100 trilliun microorganisme yang berfungsi untuk melindungi terhadap virus, menghasilkan energi, melepaskan kotoran, menghasilkan neurotransmitter seperti yang terdapat di otak, dan memproduksi serotonin (bahan kimia otak yang dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi kesedihan dan depresi), dan menjaga lebih dari 80% sistem imunisasi kita, makin tinggi jumlah probiotik malah makin bagus!

 

  1. Lebih Organik

 Pilih produk dan konsumsi yang lebih organik. Penuhi tubuh Anda oleh mineral, vitamin, dan antioksidan!

  1. Produk Bebas Endocrine Disruptors (gangguan pada kelenjar tubuh yang mengatur dan mengeluarkan hormon ke aliran darah)

Salah satu yang penting untuk dipastikan di dalam rumah kamu adalah memiliki penyaring air yang bagus. Selain itu, kamu juga harus menghindari penggunaan plastik atau alumunium yang mengandung bishphenol A (BPA), dioxin (produk hewan seperti daging, telur, dan susu), atrazine (jagung non organic dan air minum yang tidak disaring), arsenic (air minum yang tidak disaring), phthalates (penyimpan kontainer dan kantong berbahan plastik, perfluorinated chemicals (wajan dengan pelapis anti lengket, gores, atau tahan air), dan pestisida (yang tidak diproduksi secara metode organik).

Nah, setelah ini, ngga ada alasan lagi buat susah mulai hidup lebih sehat ya babe!

Have a healthier life!

 

Baca Juga:

Penting Gak Sih Bayar Lebih Untuk Produk Organik? >>

 

Tautan terkait:

https://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2015/05/13/toxic-chemicals-cosmetics.aspx

http://www.mercola.com/infographics/personal-care-products.htm

https://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2010/08/14/red-alert-on-cosmetic-products-will-they-cause-a-health-disaster-like-asbestos-did.aspx

https://www.nourishedlife.com.au/article/547386/do-you-know-which-chemicals-you.html

https://www.nourishedlife.com.au/article/449672/how-rid-your-home-of-62.html

http://komunitasorganikindonesia.org/articles/2013/11/01/komunitas-organik-indonesia-hidup-selaras-alam-dim/






Also in Beauty & Wellness

Perawatan Gigi Aman untuk Keluarga
Perawatan Gigi Aman untuk Keluarga

April 27, 2018

Ternyata, lamanya waktu kita menyikat gigi tidak menjamin tingkat kebersihan gigi, dan masih banyak faktor yang perlu kamu perhitungkan selain membeli pasta gigi dengan manfaat memutihkan, menyegarkan, atau untuk gigi sensitif.  Kamu juga harus mengetahui bahan-bahan yang digunakan dalam produk pasta gigi yang dibeli. Apakah itu sudah aman bagi kamu dan keluarga, terumata si kecil!

View full article →

Wajah bening berkat Clay Mask!
Wajah bening berkat Clay Mask!

February 13, 2018

Para beauty babes pasti sudah familiar dengan masker yang berbahan dasar tanah liat/clay kan? Yes, masker yang mengandung bahan tersebut memang membuat kulit wajah Anda terasa bersih, kencang, dan segar. Nah salah satu tanah liat yang sedang digemari untuk dipakai sebagai perawatan kulit adalah pink clay!

View full article →

Penting Gak Sih Bayar Lebih Untuk Produk Organik?
Penting Gak Sih Bayar Lebih Untuk Produk Organik?

December 29, 2017

Babe, masih belum tahu kenapa sekarang ini makin banyak aja millenials yang rela bayar lebih mahal untuk pindah ke produk organik? Sebenernya ini cuma hype aja atau ada alasan yang real ya? 

View full article →

MOOLOO LIVING

Sign up to our offers, sale and weekly specials